Cara Membuat Penulisan Surat Yang Baik



CARA MEMBUAT PENULISAN SURAT YANG BAIK
Karena saya mantan anak SMK dengan jurusan Administrasi Perkantoran saya ingin membagikan sedikit ilmu saya tentang penyuratan. Sebelum membuat surat seharusnya kamu mengetahui apa itu surat dan surat apa saja fungsi surat?
Surat adalah selembar kertas yang berisi informasi, pesan, pertanyaan, dan tanggapan yang sesuai dengan keinginan penulis surat.
Fungsi surat itu antara lain :
a)    Sebagai alat pengingat karena surat dapat diarsipkan dan dapat dilihat kembali jika diperlukan.
b)    Sebagai bukti nyata tulisan hitam diatas putih.
c)      Sebagai bukti sejarah.
d)    Sebagai pedoman kerja dalam melaksanakan tugas
e)     Sebagai duta/wakil penulis untuk berhadapan dengan lawan bicaranya.
f)       Sebagai alat promosi.
Bukan hanya bentuk tulisan saja yang membutuhkan kreatifitas dalam nilai estetika, tetapi surat juga mempunyai bentuk-bentuk dalam membuat surat yaitu :
        i.            Format lurus penuh (Full Block Style).
      ii.            Format lurus (Block Style).
    iii.            Format setengah lurus A (Semi Block Style A)
    iv.            Format setengah lurus B (Semi Block Style B)
      v.            Format lekuk (Intended Style)
    vi.            Format paragraph menggantung (Hanging Paragraph Style)
*Note : Full Block Style : Kiri semua
Setelah kita mengetahui beberapa format bentuk surat yang akan kita tulis, kita juga wajib mengahafal bagian-bagian surat ini, antara lain :
     1.            Kop surat
     2.            Tanggal surat
     3.            Nomor Surat
     4.            Lampiran
     5.            Hal/Perihal
     6.            Alamat yang dituju
     7.            Salam pembuka
     8.            Kalimat pembuka
     9.            Isi surat
10.            Kalimat penutup
11.            Salam penutup
12.            Tanda tangan
13.            Nama penanda tangan
14.            Nama jabatan
15.            Tembusan
Jenis-jenis surat yaitu :
a)      Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat yang ditulis atas nama pribadi atau perseorangan.
Kata Kunci :
·         Bahasa yang digunakan tidak formal;
·         Bentuk surat sesuai dengan yang diinginkan.
b)      Surat Dinas
Surat dinas adalah surat yang berkaitan dengan persoalan kedinasan, contohnya surat tugas, surat permohonan, surat keputusan, dan sebagainya.
Kata Kunci :
·         Menggunakan bahasa yang formal;
·         Bentuk surat sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
·         Isi menyagkut persoalan kedinasan.
c)       Surat Niaga
Surat niaga adalah surat yang berkaitan dengan persoalan-persoalan bisnis, misalnya surat penawaran, surat permintaan penawaran, surat pesanan, surat jual beli (akta jual beli) dan sebagainya.
Kata Kunci :
·         Menggunakan bahasa formal;
·         Bentuk surat sesuai ketentuan yang berlaku;
·         Isi menyangkut persoalan bisnis/niaga.
d)      Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan pada prinsipnya merupakan permohonan untuk memperoleh pekerjaan atau jabatan.
1.       Isi surat lamaran pekerjaan :
·         Identitas diri;
·         Jabatan yang dikehendaki;
·         Kualifikasi pribadi (pendidikan, pengalaman, dan sebagainya).
2.       Lampiran surat lamaran pekerjaan :
·         Fotokopi ijazah yang dilegalisir;
·         Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB);
·         Pasfoto terbaru;
·         Daftar riwayat hidup(curriculum vitae);
·         Kartu kuning dari Depnaker;
·         Surat keterangan sehat dari dokter;
·         Fotokopi sertifikat prestasi  atau pengalaman kerja, dan sebagainya.
3.       Surat lamaran pekerjaan dapat diajukan berdasarkan hal-hal berikut.
·         Inisiatif sendiri
Contoh pembuka surat:
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
·         Informasi dari seseorang
Contoh pembuka surat:
Berdasarkan informasi dari bapak….
·         Iklan
Contoh pembuka surat:
Setelah membaca iklan yang dimuat dalam harian Kompas,
30 Oktober 2017 yang isinya menyatakan bahwa….
·         Permohonan dari instansi kepada kepala sekolah
Contoh pembuka surat:
Berdasarkan permintaan tenaga kerja dalam bidang tata boga melalui Kepala SMK Perguruan Rakyat, saya yang bertanda tangan di bawah ini :
·         Pengumuman resmi di instansi
Contoh pembuka surat:
Berdasarkan pengumuman nomor 09/09.1/2017 tentang penerimaan pegawai di PT.Maju Terus Pantang Mundur tanggal 30 Oktober 2017, saya yang bertanda tangan di bawah ini :
e)      Daftar Riwayat Hidup
Daftar riwayat hidup  atau yang sering disebut curriculum vitae adalah surat keterangan yang berisi data pribadi atau biodata.
Isi daftar riwaat hidup:
·         Data pribadi, yaitu nama, tempat dan tanggal lahir, dan sebagainya.
·         Riwayat pendidikan, yaitu pendidikan formal dan nonformal.
·         Pengalaman kerja.
·         Keterangan lain, misalnya prestasi yang pernah diraih.
Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang masih bingung terhadap pembuatan surat yang benar.

Komentar